07 January 2024

Hari Epifani




Aku baru saja melakukan salah satu tradisi yang dilakukan oleh para Warga Negara Katolik, yaitu merayakan Hari Epifani atau Hari Raya Penampakan Tuhan Yesus Kristus.

Hari Epifani dilakukan untuk merayakan:
- Kedatangan Tuhan dalam bentuk manusia melalui Anaknya Yang Tunggal - Yesus Kristus
- Peristiwa dimana 3 orang Majus / Raja datang untuk bertemu Tuhan Yesus Kristus yang baru lahir dan memberikan harta berharga kepada-Nya
- Puncak Perayaan Masa Natal atau Perayaan Kelahiran Yesus Kristus, yang diperingati mulai dari tanggal 25 Desember sampai dengan 5 Januari setiap tahun

Hari Epifani biasanya dilakukan pada hari Minggu pertama di bulan Januari - di awal tahun. Pada tahun 2024, hari Minggu pertama jatuh pada tanggal 7 Januari.

Pada Hari Epifani, aku memberkati rumahku dengan menuliskan doa / permohonan di pintu rumah dengan menggunakan kapur yang telah diberkati oleh Romo.

Doa / permohonan yang ditulis di pintu rumah dengan menggunakan kapur adalah:

"20 ✝ C ✝ M ✝ B ✝ 24"

* Angkanya mengikuti tahun pada saat melakukan penulisan: 2024
* Tanda Salib mengarah kepada Tuhanku terkasih Yesus Kristus
* Huruf C, M, dan B adalah singkatan dari nama orang Majus (Caspar, Melchior, dan Balthazar), atau dapat juga diartikan sebagai Christus Mansionem Benedicat ("Semoga Tuhan Yesus Kristus memberkati rumah ini")

Setelah menuliskan doa / permohonan diatas, aku pun berdoa: "Semoga Tuhanku Terkasih Yesus Kristus memberkati rumahku. Amin."

Doa / permohonan ini dilakukan agar:
- Tuhan Yesus Kristus selalu hadir di dalam rumahku
- Aku diselamatkan dari kejahatan
- Rumahku dilindungi dari roh jahat

Pada pintu rumahku, aku juga meletakkan Doa Novena Yang Tak Pernah Gagal. Doa ini kuletakkan di pintu rumahku agar aku selalu berdoa ketika keluar dari rumah.

Semoga Tuhanku Yesus Kristus selalu memberkati rumahku dan aku. Semoga Yesus selalu hadir di dalam rumahku dan diriku. Terima kasih, Tuhanku Yesus Kristus, Bunda Maria, Santo Yosep, Para Roh Kudus, Santo Mikael, Santo Rafael dan Santo Gabriel. Mohon doakanlah aku, berkatilah aku, bimbinglah aku, lindungilah aku, dan selamatkanlah aku. Terima kasih. Dalam Nama Yesus. Amin.

**********


Proses Untuk Merayakan Hari Epifani Dan Memberkati Rumahku

Di bawah ini adalah seluruh doa yang aku ucapkan untuk merayakan Hari Epifani dan memberkati rumahku yang aku lakukan sendiri. Semua doa ini aku modifikasi dari doa yang diberikan oleh EWTN, Kitab Suci dan Puji Syukur.

Yuk mari berdoa untuk memberkati rumah.

***********


* Proses Pertama: Doa Epifani

Dalam Nama Bapa, Dan Putera, Dan Roh Kudus. Amin.

Damai Sejahtera Tuhan Yesus Kristus menyertai rumah ini, dan semua yang tinggal di sini. Orang Majus dari Timur datang ke Betlehem untuk menyembah Tuhan Yesus; dan membuka peti harta karun mereka. Mereka menghadiahkan kepada-Nya hadiah-hadiah berharga: emas untuk Raja Yesus Yang Agung, dupa untuk Tuhan Kristus Yang Benar, dan mur sebagai Lambang Kebesaran-Nya. Haleluya!

Lukas 1:46-55: Nyanyian Pujian Maria.

"Maria berkata, “Hatiku memuji Tuhan, dan jiwaku bersukaria karena Allah Penyelamatku. Ia ingat daku, hamba-Nya yang hina!
Mulai sekarang, semua bangsa mengatakan aku bahagia. Karena Allah Yang Mahakuasa melakukan hal-hal besar kepadaku. Kuduslah Nama-Nya!
Keturunan demi keturunan, Tuhan menaruh belas kasihan kepada orang yang takut kepada-Nya. Dengan tangan-Nya yang perkasa, Ia menceraiberaikan orang sombong, dan mengacaukan rencana mereka. Raja-raja diturunkan-Nya dari takhta dan orang hina ditinggikan. Orang lapar dipuaskan-Nya dengan segala kebaikan, si kaya diusir dengan hampa.
Ia menolong Israel hamba-Nya, menurut janji yang dibuat-Nya dengan nenek moyang kita. Tuhan tidak lupa dengan Janji-Nya, Ia bermurah hati kepada Abraham dan keturunannya sampai selamanya."

Maha Suci Bapa seperti pada awalnya.

Doa Bapaku:

"Bapaku yang ada di surga,
Dimuliakanlah Nama-Mu.
Datanglah Kerajaan-Mu.
Jadilah Kehendak-Mu di atas bumi seperti di dalam surga.
Berilah aku rezeki pada hari ini,
Dan ampunilah kesalahanku,
Seperti aku pun mengampuni yang bersalah kepadaku.
Dan janganlah masukkan aku ke dalam pencobaan,
Tetapi bebaskanlah aku dari yang jahat,
Dan berilah aku damai.
Sebab Engkaulah Raja Yang Mulia Dan Berkuasa untuk selama-lamanya.
Amin."

Tuhan Yesus, perhatikanlah doaku, dan biarlah tangisku didengar oleh-Mu. Tuhan Kristus menyertai aku, dan semoga Dia juga bersamaku.

Tuhan, yang pada hari ini menyatakan Putra-Mu Yang Tunggal Yesus Kristus kepada semua bangsa melalui tuntunan sebuah bintang, berilah aku iman untuk mengenal-Mu, dan melihat-Mu Yang Mulia Surgawi; melalui Kristus Tuhanku. Amin.

Jadilah tercerahkan dan bersinarlah, hai Yerusalem, karena Terangmu telah datang; dan telah bangkit Kemuliaan Tuhan Yesus Kristus yang lahir dari Perawan Maria. Bangsa-bangsa akan berjalan dalam Terang-Mu, dan raja-raja dalam Kemegahan Kelahiran-Mu. Dan Kemuliaan Tuhan telah terbit atas-Mu.

Tuhan Allah Yang Maha Kuasa, berkatilah + rumah ini, dan di bawah Naungan Yesus, berilah kesehatan, kesucian, penaklukan diri, kerendahan hati, kebaikan, kelembutan, dan ketaatan kepada yang tinggal di rumah ini.

Doa dan ucapan syukur kepada Allah Bapa, Anak, dan Roh Kudus. Semoga Berkat-Nya selalu tetap ada di rumah ini dan pada mereka yang tinggal di sini; melalui Kristus Tuhanku. Amin.

Dalam Nama Bapa, Dan Putera, Dan Roh Kudus. Amin.

* Proses Kedua: Pemberkatan Rumah

Silahkan dibaca di Puji Syukur nomor 125.

* Proses Ketiga: Menuliskan "20 ✝ C ✝ M ✝ B ✝ 24" dan mengucapkan "Semoga Tuhanku Terkasih Yesus Kristus memberkati rumahku. Amin."

********** 


#Katolik #Catholic #Jesus #Yesus #Christ #Kristus #home #rumah #bless #berkat #pray #doa #chalk #kapur 

No comments:

Post a Comment